Mengenal Linus Torvalds Sang Pembuat Linux dan Git


Bismillah oke sob pada artikel kali ini admin akan membahas sedikit tentang Seorang yang sangat luar biasa karena ia telah membuat serta membukakan jalan baru bagi semua orang sob yang tentunya di bidang pengoperasian komputer ya.



Linus Torvalds..ya sedikit dari anda mungkin ini akan terdengar asing sob khususnya pengguna Windows akut.  ya...Linus torvalds adalah Pembuat Kernel Linux dan Git sob, Mungkin sebagian besar dari anda telah mengetahuinya bahwa Linus Torvalds itu adalah pembuat Linux dan Git, akan tetapi pasti bagi anda pasti baru mengetahuinya.



Linus Benedict Torvalds atau Linus Torvalds adalah seorang programmer asal Finlandia yang Membuat Kernel Linux sob. Kernel Linux yang dibuatnya Populer digunakan Orang-orang karena Berlisensi Gratis dan Open Source dimana si Penggunanya bisa Mengubah dan Memodifikasi Systemnya Sendiri sob.

Linus lahir di Helsinki,Finlandia pada Tanggal 28 Desember 1969. Linus telah berkecimpung di dunia Komputer dan Programnya ketika ia berusia 10 tahun sob dengan melalui Komputer Commodore VIC-20 Milik kakeknya.


Saat Linus Berkuliah di Universityof Helsinky, Finlandia ia mulai memperdalam ilmunya terhadap pemrograman, Dikala itu Linus tertarik pada Komputer milik Universitasnya yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, lalu iapun mencoba mengembangkannya dan ia berhasil membuatnya dan diberi nama Linux  yang mungkin saja akronimnya dari UNIX ya sob.

Pada saat Linus memperkenalkan Linux ia memposting pesan kepada Pengguna Komputer di seluruh dunia ,yang dimana Linux adalah Berlisensi gratis dimana Penggunanya bisa mengunduh Software Gratis (No Bajakan sob:v), dan juga Open Source yang dimana para penggunanya bisa memodifikasinya sesuai tujuan dan keinginan user.
Linux sendiri adalah sebuah kernel varian MINIX. Berbicara tentang MINIX, MINIX, yaitu sebuah sistem yang bertipe Unix yang di di rilis dan dikembangakan oleh Andrew S. Tanenbaum pada tahun 1987, dan juga merupakan sistem bertipe Unix yang di tujukan untuk pengguna akademis





Waktu demi waktu dimana Linux kernel sudah dikenal banyak orang, Proyek Linux Kerel mulai menggunakan Distributed VCS (DVCS) Berbayar yang Bernama BitKeeper.

Kemudian pada tahun 2005, Hubungan antara Komunitas yang mengembangkan Linux kernel dan perusahaan komersil yang mengembangkan BitKeeper Putus dan tools free-of-charge nya pun ditarik. hal ini jadi Mengharuskan Pengembang Linux atau Linus Torvalds untuk membuat sendiri toolsnya. Berdasarkan pengalaman dan pelajaran yang didapatkan selama bersama BitKeeper, Beberapa tujuan sistem barupun dibuat (Dibuatnya GIT)


1.Kecepatan

2.Desain Sederhana
3.Dukungan kuat untuk pengembangan non-linear( banyak branch/cabang)
4.sepenuhnya terdistribusi
5.Mampu menangani proyek besar seperti kernel linux dengan efisien.


jadi semenjak  kelahirannya pada tahun 2005,Git telah terlibat dan makin matang untuk digunakan pada proyek. Git sangat efisien digunakan karena memiliki sistem percabangan/branch system yang luar biasa untuk pengembangan non-linear. Sampai saat ini Kernel Linux terus berkembang dilanjutkan oleh Torvalds, juga banyak dikembangkan juga di komunitas-komunitas Linux diseluruh dunia juga.



semoga bermanfaat...
sekian dan terimakasih...
RDF
Full-time Learner

Related Posts