Mengenal Android, Sejarah dari Versi Pertama sampai Terbaru




Bismillah...oke guys akhirnya admin kembali menulis konten baru lagi, karena kemarin admin habis bersilaturahmi sama keluarga besar admin, jadi baru sempet nulis lagi hehe.
Oke pada artikel kali ini admin akan membahas seputar Android yaitu Sejarah dan nama Android beserta Versi Androidnya guys dari mulai Androir 1.5 sampai android yang paling baru yaitu Android Q yang baru dirilis versi beta nya kemarin-kemarin.
Nah Pertama-tama admin akan sedikit menjelaskan Apa itu android? Barang kali belum ada yang tau hehe.
Android merupakan Sebuah Sistem Operasi yang dirancang dan diterapkan pada Smartphone tertentu yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang dikembangkan oleh Android.Inc yang didukung oleh Google yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Source:wikipedia
So Android ada pada Smartphone-smartphone sekarang khususnya sebagai Sistem Operasi kecuali Apple (IOS).
 Nah sekarang kita akan menyebutkan Versi Android dari Android 1.5 – Android Q.
Oke kita langsung saja ke nomor satu yaitu :

Cupcake (Android 1.5)

Android versi pertama yaitu Cupcake yang dirilis pada 27 April 2009 yang merupakan android pertama yang diluncurkan secara komersil serta diberi nama dari kue. Android Cupcake ini memiliki fitur-fitur yang masih dasar atau biasa ditemukan seperti auto rotate, widget dan lain lain.

Donut (Android 1.6)

Android selanjutnya adalah Donut yang dirilis 15 September 2009. Android 1.6 ini sudah mulai mengembangkan sedikit pembaruan dari Cupcake yang didalamnya terdapat fitur baru yaitu CDMA, text to speech serta penggunaan baterai.

Eclair (Android 2.0 – 2.1)

Andoid Eclair adalah android yang dirilis 26 Oktober 2009 yang tepat sebulan setelah peluncuran android Donut. Android Eclair ini cukup membawa banyak fitur-fitur juga seperti menambahkan aplikasi kamera dengan dukungan flash, efek warna dan live wallpaper sudah bisa dipakai.

Froyo (Android 2.2 – 2.2.3)

Android Froyo adalah android yang dirilis pada 20 Mei 2010. Android Froyo sudah lumayan dikenal diindonesia karena dibawanya bersama handphone dari Samsung dan lainnya. Froyo sudah menambahkan fitur-fitur baru lagi seperti USB Tethering, WiFi Hospot, Push notifikasi, dan mempercepat performanya dari sebelumnya.

Gingerbread (Android 2.3 – 2.3.7)

Android gingerbread adalah android yang dirilis pada 6 Desember 2010 yang dimana Android sudah mulai ramai digunakan dan dikenal oleh orang. Gingerbread membawakan cukup banyak fitur juga seperti penambahan NFC (Near Field Communication), serta pengoptimalan, kemudahan agar pengguna menyukainya.

Honeycomb (Android 3.0 – 3.2)

Android honeycomb dirilis pada 22 Februari 2011, yang sepertinya Honeycomb ini dikhususkan untuk tablet. Honeycomb memberikan fitur baru seperti System Bar dan memiliki User Interface yang lumayan menarik dan futuristik.

Ice Cream Sandwich (Android  4.0 – 4.0.4)

Android Ice Cream Sandwich (ICS) dirilis pada 18 Oktober 2011. ICS membawakan perubahan besar pada sistem android yang mengubah User Interface(UI) jadi lebih minimalis, serta manggunakan NFC sebagai alat transfer data secara cepat.

 Jellybean (Android 4.3)

Android Jellybean dirilis pada 9 Juli 2012 yang dimana Android itu sudah banyak sekali digunakan di negara indonesia. Di Jellybean Google mulai meningkatkan Kemanan pada Jellybean dan meningkatkan performa lebih di jellybean juga sudah mulai mendukung UHD 4K.

Kitkat (Android 4.4)

Android kitkat dirilis pada 31 Oktober 2013 yang dimana sudah mulai diterapkannya android pada HP ternama seperti Sony,Samsung dan merk HP lainnya. KitKat sudah mulai populer digunakan bahkan sampai 2016 dimana Google masih terus memfokuskan pada peningkatan performa Kitkat juga membatasi minimal RAM yaitu 512MB.

Lolipop (5.0 – 5.1)

Android lolipop dirilis pada 12 November 2014 yang dimana Google melakukan perubahan besar pada UI nya seperti adanya notifikasi pada lockscreen akan tetapi dari perubahan penampilan ini sebagian orang ada yang bingung terhadap penggunaanya. Mungkin butuh adaptasi beberapa hari yak.

Marshmallow (Android 6.0)

Android Marshmallow dirilis pada 5 Oktober 2015. Google juga telah merubah kembali Userinterface nya pada Marsmallow ini menjadi lebih clean(bersih) serta membawakan fitur canggih seperti modus doze, sensor fingerprint, dukungan USB type C hingga memiliki fitur mengubah SD card menjadi penyimpanan Internal.

Nougat (Android 7.0)

Android Nougat dirilis pada bulan september 2016 yang dimana google menambahkan fitur Multiwindows atau split screen yang menjadi penarik perhatian para pengguna smartphone, memiliki performa yang mulus dan stabil juga menjadikan para pengguna semakin menyukai Android Nougat ini.

Oreo (Android 8.0 – 8.1)

Android Oreo dirilis pada 17 Mei 2017 yang dimana para pengguna Android cukup banyak menggunakan Oreo pada tahun tersebut. Oreo membawakan fitur dan perubahan besar seperti dukungan face unlock dari google,peningkatan Keamanan yang lebih, performa yang lebih mulus dan fitur lainnya.

Pie (Android 9.0)

Android Pie dirilis pada 6 Agustus 2018 yang dimana Android pie ini memiliki User Interface yang berbeda dari oreo. Pie sangat saya rekomendasikan karena memiliki performa yang stabil, adanya Pie Gesture, Smart Reply,dark mode,adaptive battery dan fitur hebat lainya. Karena smartphone saya juga android pie sih wkwk.

Q (Android 10)

Android Q ini yang admin belum tau namanya,mungkin nanti jika sudah full dirilis admin akan update.
So pada tahun 2019 ini google meluncurkan android Q yang dimana itu masih tahap beta atau pengembangan guys. Akan tetapi fitur-fiturya sudah diberitahukan oleh google yaitu mountain view,dukungan 5G live caption,focus mode, parentsal controls.

Oke semoga bermanfaat...
Sekian dan terimakasih...




RDF
Full-time Learner

Related Posts