Meningkatkan Kinerja Laptop/PC Kamu - (Part 3)

Tahap Akhir Untuk Meningkatkan Kinerja Laptop/PC Kamu - (Part 3)



Bismillahirohmanirohim...Oke guys kali ini pada PART 3 ini merupakan cara Terakhir sekaligus terpenting untuk menyelesaikan masalah kinerja/performa yang ada pada laptop/PC anda.
Ya...yang harus dilakukan adalah dengan cara mengupgrade 2 Komponen penting pada laptop/PC anda yaitu RAM dan pasang SSD.

Oke sekarang saya akan sedikit menjelaskan Tentang kedua Komponen tersebut "Haruskah Itu Diupgrade??Bagaimana caranya ??Berapa biayanya??".

Nah langsung saja ke tahap pembahasannya ya guys agar anda mengerti akan kegunaan dan seberapa pentingnya keberadaan dua komponen ini dalam sebuah laptop/PC.

1. Upgrade RAM

RAM atau RANDOM ACCES MEMORY merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi sebagai Penyimpanan Sementara yang dapat mengakses semua data - data yang perlu ditampilkan ,RAM sangat berpengaruh pada kecepatan saat buka tutup aplikasi pada laptop.
Intinya RAM ini merupakan Tempat untuk menyimpan data secara sementara sebelum dipindahkan he Hardisk anda.
jadi kecepatan serta berapa banyaknya aplikasi yang dapat dijalankan itu tergantung besarnya kapasitas/ penyimpanan dari RAM tersebut.
dari penjelasan di atas sekarang anda tau kan seberapa pentingnya kegunaan RAM pada sebuah Laptop/PC ada...
so untuk cara mengupgradenya adalah dengan membeli RAM yang Cocok dengan laptop anda apakah DDR2,DDR3,DDR3L,DDR4 dan lainnya.untuk mengecek tipe ram / komponen hardware pada laptop anda download saja CPUZ.setelah itu cocokan dengan tipe ram nya misal DDR3L PC12800- 1600MHz atau DDR4.

Untuk cara yang lebih amannya adalah anda bawa saja Laptop anda ke toko spesialis Laptop atau Komputer untuk cara amanya jika ingin sedikit murah mungkin dengan membeli nya di online shop dan memasang nya sendiri (cukup mudah kok di youtube banyak tutor nya :v)

Untuk harga dari RAM tersebut tergantung merk,kapasitas dan kualitasnya ya guys..

2. Memakai SSD

SSD atau Solid State Drive merupakan penyimpanan yang memiliki fungsi yang sama seperti hardisk...tunggu dulu biarpun sama tetapi yang membedakan nya SSD dengan hardisk adalah SSD memiliki kecepatan membaca yang sangat cepat daripada si hardisk guys.

selain kecepatan membaca yang sangat cepat SSD juga berpengaruh untuk mempercepat Transfer File lebih cepat,Booting Windows menjadi Cepat sekali  dan SSD hanya berupa Chip dibanding hardisk yang masih kaset. jadi jika hardisk itu rentan rusak jika ia menerima banyak goncangan tetapi SSD tidak....karena ia sebuah Chip yang sudah modern :v

jadi anda bisa untuk menambahkan SSD ke dalam laptop anda jika kinerja laptop anda mau jauh lebih cepat. jadi SSD menjadi disk C atau primarynya (Windows File) dan hardisk nya menjadi tempat menyimpan data data besar.

Untuk harga SSD tergantung juga pada merk,kapasitas dan kualitasnya ya guys...

Jika anda bingung manakah yang lebih penting jawabannya adalah dua duanya..dan jika anda bingung jika budget anda terbatas manakah yang harus diupgrade duluan jawabannya adalah tergantung manakah yang menjadi kebutuhan anda jika anda lebih ke performa buka tutup aplikasi atau multitasking biar lebih lancar maka anda harus upgrade RAM saja, tetapi jika kebutuhan anda seperti mau Booting windowsnya cepat,tranfer file cepat, loncat file sana sini nya cepat maka anda Pakai SSD aja.

Oke Semoga Bermanfaat...
Sekian dan terimakasih...



RDF
Full-time Learner

Related Posts