Kelebihan dan Kekurangan Root Pada Smartphone - Tips

Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Root pada Smartphone Anda 

Bismillah...Oke kali ini  akan sedikit menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan melakukan root pada smartphone kita. nah karena saya kebetulan sangat menyukai oprek mengoprek sistem operasi gadget tertentu,saya akan membagikan pengalaman saya dalam pembahasan ini. Jadi simak saja baik baik pada penjelasan kali ini ya guys.

Root pada sebuah smartphone adalah memberikan hak atau izin tertentu kepada user(pengguna) dalam melakukan berbagai hal hal apapun dalam sistemnya, apalagi Android yang merupakan sistem open source berbasis linux. Tidak hanya android saja yang bisa melakukan rooting sistemnya melainkan base IOS pun bisa melakukan hal seperti root pada android, hal tersebut dinamakan jailbreak.

oke kita langsung saja membahas kelebihan dan kekurangan root smartphone :

Kelebihan :
1. Bisa menghapus aplikasi bawaan sistem (Bloatware)
kita bisa menghapus aplikasi bawaan berat pada smartphone yang tidak bisa di uninstal secara biasa

2. Memasang custom recovery pada smartphone
custom recovery menurut saya sangat penting pada suatu android karena jika kita berkeadaan HP lag,lupa kunci,bootloop, dan masalah lainnya. Custom recovery ini sangat membantu kita,karena        recovery bawaan pada android memiliki hak terbatas

3. Memasang Custom Rom
memasang custom rom bagi sebagian orang mungkin sangat mengasyikan,karena kita dapat          mengubah tampilan smartphone secara menyeluruh.

4. Mengontrol Performa Smartphone
kontrol CPU biasanya dilakukan agar kita bisa mengatur kendali performa smartphone

dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan rooting smartphone :v

Kekurangan :
1. Kehilangan garansi
Kehilangan garansi setelah melakukan rooting bukanlah hal mustahil karena, sebelum kita melakukan proses rooting itu harus berani menerima resikonya

2. Masalah bisa melakukan Otomatis Update (OTA)
setelah melakukan rooting kita tidak bisa melakukan Pembaruan sistem secara otomatis,melainkan harus dengan cara manual (dengan custom recovery)

3. Rooting Berbahaya bagi pemula yang tidak paham sistem root nya karena bisa berakibat hang,bootloop dan lain lain jika ada file system yang terhapus secara tidak sengaja.

4. Sistem Keamanan yang sedikit melemah
Keamanan yang sedikit melemah karena android itu sangat rentan terhadap virus (malware) jadi saat smartphone kita akan di root mungkin terjadi celah lain untuk virus masuk

Demikian penjelasan dari saya
Semoga Bermanfaat...
Sekian dan Terimakasih...


Referensi :
+
pengalaman pribadi


RDF
Full-time Learner

Related Posts